Megatron

Megatron

google analytic

Memahami Tungau Debu

Sumber : wikipedia

Tungau debu rumah (kutu debu rumah) (bahasa Inggris house dust mite, HDM) adalah hewan sangat kecil dengan ukuran tubuhnya sekitar 420 µm (sekitar 0,5 mm) panjang dan 250-320 µm lebar, Tungau ini memakan sisa-sisa materi organik seperti kelupasan kulit manusia yang banyak ditemui di tempat tinggal manusia. Tungau ini diketahui sebagai pemicu serangan asma dan gejala-gejala alergi di seluruh dunia. Penyebabnya adalah enzim-enzim (terutama protease) yang keluar dari perut bersama-sama kotorannya.


Dimanakah biasanya Tungau debu hidup?


Tungau debu yang berukuran mikroskopik ini biasa hidup secara berkoloni. Bukan hanya ratusan bahkan mencapai ribuan pada satu tempat! Tungau debu biasanya hidup di matras, sofa, karpet, dan ranjang tidur dirumah. Tungau debu lebih memilih lingkungan yang hampir lembab dan hangat dimana ini menunjukkan kondisi matras anda saat anda tidur diatasnya.

Bagaimana cara tungau debu hidup dan berkembang biak?


Tungau debu bertahan hidup di matras dan lingkungan lain yang hangat dan berdebu. Mereka memakan dander (sel kulit yang mengelupas) dari manusia. Tungau debu cenderung menghabiskan sepertiga hidupnya atau lebih didalam sebuah matras yang nyaman.

Sebuah matras yang sering digunakan kemungkinan memiliki sepuluh juta Tungau debu didalamnya. Sebuah bantal yang berumur dua tahun dapat berisi hingga sepuluh persen kotoran dan bangkai Tungau debu.

Begitu juga di karpet cenderung menjadi tempat bagi koloni terbesar dari hewan rumahan.  Akibat dari sering dimakannya sel kulit kita, kulit jadi merah gatal dan bentol. Tidak jarang disertai dengan alergi kedepannya. Sel kulit kepala yang dimakan oleh tungau debu pun mengakibatkan pusing, sakit kepala ketika bangun tidur.

Bagaimana cara tungau debu menyebarkan alergi dan asma?


Melalui kotorannya, tungau debu menyebarkan alergi dan asma. Sebuah fakta menyebutkan bahwa zat virus alergi yang ditemukan dalam kotoran tungau secara langsung bertanggung jawab untuk macam-macam reaksi alergi.

Penyakit asma pada anak-anak meningkat dalam tingkat yang cukup signifikan dan salah satu hal yang menyebabkannya adalah zat alergi. Unsur di dalam kotoran tungau debu bisa menyebabkan alergi SEUMUR HIDUP !

Tungau debu itu sangat kecil, hanya bisa dilihat oleh mikroskop. Alat perpindahan mereka adalah debu. Jadi ketika kita ada di luar rumah tubuh kita, pakaian kita, membawa debu ke dalam rumah dan ketika kita membaringkan diri kita di kasur kita, debu itu berpindah dan masuk ke dalam kasur tersebut.

Ketika kita bergerak di atas kasur itu terutama saat kita tidur, terjadi pergerakan yang meniup dan menerbangkan partikel yang berasal dari kotoran tungau debu.

Ranjang Anda kemungkinan adalah tempat terkotor dalam rumah Anda. Hari ke hari, tahun ke tahun, kulit mati berdiam di ranjang Anda menyediakan tempat perkembangbiakan ideal bagi virus, spora, jamur dan tentu saja tungau debu

Apakah anda siap membasmi tungau?